22 Manfaat Daging Kuda Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah anda mengkonsumsi daging kuda? Di Indonesia, daging kuda masih tergolong langka dan hanya tempat-tempat tertentu yang menjualnya sehingga tidak heran jikalau banyak yang belum pernah mencicipi kelezatan daging kuda.

Jika ada pun harga daging kuda juga relatif masih mahal alasannya yakni belum banyak yang mengelolaanya dan mengambil manfaatnya. Padahal, daging kuda sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya:

1.Sebagai Sumber Energi – Manfaat daging kuda untuk kesehatantentunya mengandung protein dan lemak yang mana kedua zat tersebut telah banyak diketahui sebagai sumber energi selain karbohidrat. Dengan demikian tidak heran sehabis anda makan daging kuda maka tubuh anda ibarat di cas kembali sehabis kehilangan energi.

2.Meningkatkan Stamina – Telah usang dipercaya semenjak usang bahwa daging kuda sanggup meningkatkan stamina tubuh sehingga daging kuda banyak dikonsumsi oleh kaum laki-laki. Harapannya, dengan mengkonsumsi daging kuda ini sanggup mengembalikan vitalitas tubuh yang kelelahan sehabis bekerja seharian.

3.Menjaga Kadar Kolesterol – Kandungan lemak yang dimiliki daging kuda tergolong rendah bahkan 70 persen lebih rendah dari daging sapi dan kambing. Dengan demikian, daging kuda kondusif dikonsumsi oleh penderita kolesterol yang mana mereka harus menghindari masakan berlemak. Hanya saja, pengolahan masakan berbahan dasar daging kuda bebas kolesterol ini juga harus tetap memperhatikan kadar kolesterol bahan-bahan lain beserta bumbu-bumbunya.

4.Menurunkan Berat Badan – Jika daging kuda kondusif dikonsumsi oleh penderita kolesterol maka daging kuda ini juga sangat baik dijadikan santapan bagi merekan yang ingin menurunkan berat badannya. Selain kandungan lemaknya yang rendah, kandungan protein daging kuda tindak kalah tingginya dengan daging lainnya ibarat sapi. Disamping itu, jumlah kalorinya yang rendah sangat mendukung aktivitas diet anda. (Baca juga: Manfaat Pir Hijau Untuk Diet)

5.Menambah Massa Otot – Bagi seorang atlet atau binaragawan otot sangatlah penting. Untuk menambah massa otot mereka melaksanakan aneka macam treatmen ibarat fitness, diet, dan bahkan ada yang mengkonsumsi suplemen-suplemen khusus untuk otot. Biasanya para atlet ini juga mengkonsumsi masakan tinggi protein dan rendah lemak ibarat telur, daging kuda, dan makanan-makanan lainnya.

6.Menjaga Kepadatan Tulang – Daging kuda mempunyai kandungan fosfor yang sangat besar dibanding sapi, kerbau, kambing, ayam dan lainnya. Fosfor ini bersama kalsium sangat berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang. Dengan kata lain mengkonsumsi daging kuda sanggup mencegah penyakit osteoporosis.

7.Menjaga Kepadatan Gigi – Gigi merupakan organ penting insan yang berperan dalam proses pencernaan. Ternyata selain menjaga kepadatan tulang, fosfor juga bertindak dalam menjaga kepadatan gigi. Dengan kata lain gigi tidak ringkih alias gampang patah. (Baca juga: Manfaat Bengkoang untuk Gigi)

8.Menunjang Pertumbuhan – Karena kandungan fosfornya yang tinggi maka daging kuda juga sangat baik untuk menunjang pertumbuhan alasannya yakni zat tersebut berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Dengan demikian daging kuda juga disarankan untuk cukup umur yang masih dalam masa pertumbuhan.

9.Membantu Penyerapan Vitamin dan Mineral – Daging kuda mengandung zat yang berperan dalam menstimulasi fungsi organ pencernaan sehingga terjadi peningkatan peresapan vitamin dan mineral dari dalam makanan. Zat yang dimaksud disini yakni fosfor.

Manfaat Daging Kuda
Manfaat Daging Kuda

10.Menunjang Fungsi Otak – Tingginya kandungan fosfor di dalam daging kuda sanggup menunjang fungsi otak. Fosfor tersebut berperan dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan syaraf kognitif pada otang sehingga tidak heran jikalau di dalam sel-sel dan jaringan otak insan terdapat fosfor dalam jumlah yang cukup besar.

11.Menjaga Keseimbangan Hormon – Fosfor di dalam daging kuda juga membantu menjaga keseimbangan hormon utamanya pada hormon yang berperan dalam proses reproduksi ibarat testosteron pada pria dan estrogen serta progesteron pada wanita. Dengan demikian maka manfaat daging kuda untuk kesehatan juga membantu dalam miningkatkan kesuburan. (Baca juga: Manfaat Adrenalin)

12.Mengatasi Gejala Anemia – Daging kuda mengandung zat besi yang lebih tinggi daripada daging kambing yang mana ibarat diketahui bahwa zat besi sanggup mengatasi tanda-tanda anemia. Adapun ciri-cir dari anemia ii yakni tubuh lemah, sakit kepala, dan sensitif terhadap suhu ruangan yang dingin.

13.Memperlancar Proses Peredaran Oksigen ke Seluruh Tubuh – Selain mengatasi tanda-tanda anemia, ternyata zat besi juga sanggup membantu memperlanca proses peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini tidak terlepas dari tugas zat besi yang bisa memproduksi haemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Salah satu materi masakan yang mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup besar yakni daging kuda.

14.Meningkatkan Imunitas Tubuh – Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa zat besi bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh bisa melawan serangan kuman dan virus. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh ini, zat besi turut serta dalam pengaktifan kinerja sel limfosit. Sumber zat besi yang bisa kita dapatkan di dalam masakan yakni daging kuda.

15.Membantu Memperbaiki Sel-sel dan Jaringan Tubuh – Setiap daging mempunyai kandungan protein hewani yang cukup tinggi begitu juga dengan daging kuda. Protein telah terbukti kemampuannya dalam membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak ibarat adanya luka pada tubuh.

16.Membantu Menjaga Temperatur Tubuh – Banyak yang tidak tahu wacana fungsi zat besi yang sanggup membantu menjaga temperatur tubuh. Zat besi mempunyai tugas penting dalam pengelolaan hidrasi di dalam tubuh yang mana kita ketahui bahwa proses hidrasi sangat besar lengan berkuasa terhadap kestabilan suhu tubuh manusia.

17.Mengobati Penyakit Gatal-gatal – Gatal pada tubuh sanggup diakibatkan oleh alergi terhadap bahan-bahan tertentu, sengatan serangga, atau jamur dan bakteri. Untuk mempercepat proses penyembuhan gatal lebih baik dilakukan dari luar dan dari dalam. Untuk menyembuhkan gatal-gatal dari dalam anda sanggup memanfaatkan dengan mengkonsumsi daging kuda.

18.Meringankan Gejala Rematik – Timbulnya rasa sakit pada otot dan persendian akhir peradangan disebut dengan rematik. Daging kuda telah banyak dipakai untuk meringankan tanda-tanda rematik ini. Kaprikornus bagi anda yang menderita rematik, tidak salahnya mencoba mengkonsumsi daging kuda.

19.Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut – Ternyata protein dan mineral lainnya di dalam daging kuda juga membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Hal ini tidak terlepas juga dari kemampuan protein dalam memperbaiki sel-sel kulit dan rambut yang telah rusak. Dengan demikian kulit dan rambut tampak sehat dan indah. (Baca juga: Manfaat Tomat Untuk Kulit Dan Kecantikan)

20.Membantu Pembentukan Urin – Kandungan fosfor yang tinggi pada daging kuda sanggup membantu menjaga kesehatan ginjal. Hal ini alasannya yakni fosfor berperan penting dalam pembentukan urin yang dikeluarkan oleh ginjal sehingga kita menjadi lebih sering buang air kecil. Peningkatan jumlah urin ini sanggup membantu menyeimbangkan kadar garam berlebih di dalam tubuh. Namun demikian perlu diiringi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup biar tidak terjadi dehidrasi.

21.Meredakan Stress – Banyak yang belum mengetahui bahwa daging kuda juga membantu dalam meredakan stress. Meskipun belum ada literatur khusus yang membahas hal ini tidak ada salahnya anda mengakibatkan daging kuda sebagai salah satu alternatif asupan untuk menghilangkan stress anda.

22.Mengobati Epilepsi – Epilepsi merupakan suatu penyakit dimana pada ketika tertentu otak tidak sanggup mengontrol koordinasi gerakan tubuh. Karena daging kuda sangat baik dalam menjada kesehatan sel-sel syaraf di otak maka secara tindak eksklusif daging kuda ini juga sanggup membantu dalam mengobati penyakit epilepsi.

Manfaat daging kuda untuk kesehatan ternyata sangat banyak, ibarat yang telah disebutkan di atas. Ada baiknya untuk memperoleh hasil yang maksimal kita sanggup mengkonsumsinya secara rutin, namun masih dalam dosis yang cukup alias tidak berlebihan. Semoga bermanfaat!

 

You May Also Like

About the Author: Maman