7 Manfaat Biang Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Temulawak yang mempunyai bahasa latin Curcuma Xanthorriza merupakan rempah-rempah orisinil indonesia yang banyak ditemukan di pulau jawa. Temulawak mempunyai bentuk yang hampir seakan-akan dengan jahe namun mempunyai aroma dan rasa yang sangat khas. Temulawak banyak ditemukan pada kawasan tropis alasannya yaitu membutuhkan tanah yang subur untuk bertahan hidup.

Temulawak atau biang temulawak merupakan tanaman kesehatan yang sudah sangat terkenal sebagai obat herbal guna mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan. Kandungan yang sangat terkenal dalam biang temulawak yaitu minyak ethereal yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat biang temulawak

Banyak sekali manfaat temulawak bagi kesehatan. Apa saja itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Manfaat Biang Temulawak
Manfaat Biang Temulawak
    1. Menyehatkan fungsi hati

Di dalam biang temulawak terdapat kandungan kalagoga yang mempunyai fungsi untuk memproduksi empedu di dalam hati. Fungsi lainnya yaitu untuk merangsang pengosongan empedu sehingga hati akan lebih sehat. Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit pada organ hati sanggup mengonsumsi biang temulawak sebagai obat herbal.

    1. Penambah nafsu makan

Manfaat dari biang temulawak yang satu ini pastinya sudah anda ketahui bukan? Biang temulawak menjadi solusi bagi para ibu-ibu yang anaknya susah makan. Hal ini tidak lain yaitu manfaat yang diberikan oleh minyak astiri dalam biang temulawak. Minyak astiri yaitu zat alami yang berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Anda bisa menciptakan ramuan dari biang temulawak sendiri atau anda sanggup membelinya alasannya yaitu ketika ini sangat banyak produk penambah nafsu makan dari temulawak.

    1. Menyehatkan pencernaan

Bagi anda yang mempunyai persoalan pada pencernaan juga sanggup memakai biang temulawak sebagai obat herbalnya. Biang temulawak ini bisa membantu meningkatkan metabolisme dan juga mengurangi pertentangan pada usus sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

    1. Mengurangi radang sendi

Radang sendi biasanya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut sebagai akhir dari menurunnya kadar kalsium dalam tulang. Hal itu yaitu proses alami yang harus dirasakan oleh semua orang namun radang sendi tidak terjadi pada setiap orang dan masih bisa dihindari. Di dalam biang temulawak mengandung zat fenibutazon yang bisa mengatasi radang sendi.

    1. Menurunkan lemak darah

Darah yang tidak sehat salah satunya yaitu mengandung lemak. Ini tentunya tidak baik alasannya yaitu darah merupakan komponen penting pada badan yang menjadi kunci kesehatan manusia. Biang temulawak mengandung kurkuminoid yang bisa menurunkan lemak pada darah atau kolesterol jahat LDL pada darah.

    1. Sebagai antioksidan

Radikal bebas pada masa kini sudah tidak sanggup dibatasi lagi terutama akhir dari polusi yang sangat banyak di udara. Polusi ini jikalau dalam jangka panjang masuk ke dalam badan sanggup menumpuk dan menjadikan banyak sekali bibit penyakit berbahaya. Polusi ini termasuk dalam radikal bebas, untuk membantu menangkal radikal bebas sanggup dipakai antioksidan. Antioksidan alami bisa didapatkan dari biang temulawak. Anda bisa menciptakan ramuan biang temulawak alami sendiri dengan cara menumbuk atau merebusnya.

    1. Mengatasi jerawat

Biang temulawak juga bisa mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan alami di dalamnya bisa menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Caranya sangat gampang yaitu dengan merebus biang temulawak dan minum air rebusannya. Pengobatan herbal benjol ini jikalau dilakukan secara rutin akan membuahkan hasil yang memuaskan pada wajah anda.

Demikian ulasan mengenai manfaat biang temulawak yang perlu anda ketahui. Manfaat biang temulawak ini sangat baik untuk anda alasannya yaitu sehat, kondusif dan alami.

 

You May Also Like

About the Author: Maman